Diproduksi selama 20 tahun, Pemutar Musik iPod Apple dimatikan

Apple telah secara resmi mengumumkan penghentian iPod, pemutar MP3 andalan mereka, setelah 20 tahun produksi. Seperti dilansir AFP, iPod menjadi trendsetter yang mengubah cara orang menerima musik dan melahirkan iPhone.

Model iPod terakhir yang dibuat adalah iPod Touch. Era iPod, yang pertama kali dihadirkan dua dekade lalu, berakhir dengan penonaktifan iPod Touch.

Apple saat ini menjual iPod Touch mulai dari $199 hingga persediaan masih ada. Produk hybrid iPhone dan iPod ini tersedia dalam tiga varian yakni 32GB, 128GB dan 256GB serta enam varian warna.
Baca juga:
Dari IPhone 14 Apple sedang mempersiapkan penyewaan ponsel

“Musik selalu menjadi bagian inti kami di Apple, dan membawanya ke ratusan juta pengguna, seperti iPod, tidak hanya berdampak pada industri musik, tetapi juga menentukan bagaimana musik ditemukan, didengar, dan dibagikan,” kata Greg Joswiak, Senior Vice President Worldwide Marketing Apple, dalam keterangannya, seperti dikutip Cnet.

FYI Apple memperkenalkan iPod pada Oktober 2001 sebagai pemutar musik MP3 pertama yang mampu menyimpan 1.000 lagu. Saat itu, peluncuran iPod adalah risiko besar bagi Apple, yang masih berusaha untuk pulih setelah hampir bangkrut dua tahun sebelumnya.

Berkat iPod, Apple menjadi raksasa elektronik seperti sekarang ini. Perangkat ini dengan cepat mendominasi pasar pemutar MP3, dan iPod menyumbang 40 persen dari penjualan Apple pada 2006. Pada 2011 Apple menguasai 70 persen pasar pemutar MP3 global dan hingga saat ini 400 juta unit iPod telah terjual.
Baca juga:
Apple dikabarkan akan membuat iPhone layar lipat pada 2025

Garis iPod juga telah direproduksi selama 20 tahun. Selain iPod klasik, ada juga iPod Mini, iPod Nano, dan iPod Shuffle. Apple berhenti menjual iPod classic pada tahun 2014, diikuti oleh iPod Nano dan iPod Shuffle pada tahun 2017.

Pada tahun 2007, Apple merilis iPod Touch dengan desain yang mirip dengan iPhone generasi pertama, lengkap dengan layar sentuh. iPod Touch versi terbaru dirilis pada tahun 2019 dengan fitur yang hampir sama dengan iPhone yaitu dapat mengambil foto, mengirim email, dan melakukan panggilan video.

Sumber :